PERCENTAGE OPTIMIZATION INCOME HOTEL TEJOMOYO GROUP
IDR 583.333 x {27 x CONSTANTS ROESNANI 24} = IDR 377.999.999
YEARLY {x12} = IDR 4.535.999.999
NETTO = IDR 4.535.999.999 - Operational 50% = IDR 2.267.999.999
NETTO = IDR 4.535.999.999 - Operational 50% = IDR 2.267.999.999
Hotel merupakan suatu perusahaan yang bergerak pada bidang jasa. Pelayanan tersebut meliputi layanan kamar 24 jam, restoran, fasilitas yang lengkap, tempat seminar dan rapat, wifi area, lab kebugaran serta layanan laundry.
Pengertian Hotel adalah Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil. Definisi dan pengertian hotel secara umum adalah perusahaan atau badan usaha.
Hotel menyediakan tempat penginapan, tempat makan, tempat parkir, kolam renang, dan fasilitas hiburan lainnya. Sedangkan motel hanya menyediakan tempat penginapan dan tempat parkir.
Pada dasarnya, hotel merupakan fasilitas komersial yang bertujuan mewadahi aktifitas bermukim. Namun, hotel yang sasaran tamunya adalah para pebisnis akan memerlukan fasilitas dan layanan yang berbeda, yang disesuaikan dengan karakter tamu tersebut.
Kamar tidur (kamar tamu) Kegiatan utama dari suatu usaha hotel adalah menyewakan kamar kepada tamu. Untuk bisa memberikan kepuasan kepada tamu, keadaan kamar yang disewakan harus berada dalam keadaan bersih, nyaman, menarik dan aman (terbebas dari berbagai kemungkinan terjadi kecelakaan, pencurian dan penyakit).
Chain hotel adalah sekelompok hotel yang dikelola perusahaan atau grup tunggal sehingga punya standar pelayanan yang seragam.
Hotelier adalah orang yang memiliki tanggung jawab terhadap operasional hotel. Orang tersebut dapat disebut juga sebagai pemilik hotel, resort, motel, villa, maupun jenis jasa penginapan lainnya.
Corporate Owner adalah pemilik atau orang yang ditunjuk untuk mengawasi seluruh kegiatan sebuah hotel sebagai jabatan tertinggi. General Manager.
Hotel adalah suatu badan usaha yang bergerak dibidang jasa akomodasi atau penginapan.
Adapun produk-produk yang ditawarkan pada hotel yaitu; kamar, food & beverage, meeting room, serta layanan tambahan seperti spa dan sauna, pusat kebugaran, birthday package, wedding package.
General manager menempati urutan pertama dan tertinggi pada struktur organisasi dalam sebuah hotel. Bertugas dan bertanggung jawab memegang semua kendali operasional manajemen hotel sehari-hari, dapat dikatakan pemimpin dari segalanya.
Anda mungkin berpikir bahwa perhotelan dan pariwisata adalah hal yang sama, dan dalam banyak hal dua industri ini saling berhubungan, tetapi pariwisata memfokuskan secara eksklusif pada menarik dan memberi perhatian pada pengunjung di luar komunitas, sedangkan perhotelan peduli keduanya baik terhadap wisatawan local
Hotel Bintang 5. Merupakan kelas hotel termewah yang memiliki jumlah minimal kamar standar 100 dengan luas minimal 26 m² dan 5 kamar suite dengan luas minimal 52 m². Hotel ini memiliki restoran, bar, kolam renang, tempat rekreasi, dan staf yang multiprofesiona
Hotel bintang 5 adalah hotel termewah di dunia yang desain interiornya mewah, nyaman, dan pelayanannya tak tertandingi.
Bintang di hotel diberikan oleh Lembaga Sertifikasi Usaha (LSU). Lembaga ini merupakan lembaga independen.
Villa merupakan sebuah bangunan berbentuk rumah yang bisa disewa untuk tempat menginap. Berbeda dengan hotel, di mana kamu bisa menyewa hanya satu kamar saja. Tapi untuk villa, kamu harus menyewa keseluruhan rumah atau bangunan tersebut. Biasanya villa dibandung dilokasi wisata seperti pantai atau pegunungan.
Cara Sukses Mengelola Bisnis Hotel :
1. Memanfaatkan teknologi untuk memaksimalkan efisiensi dan hasil.
2. Kelola staf hotel Anda bersama dengan mendelegasikan tugas-tugas yang sesuai bersama dengan kapabilitas mereka.
3. Memahami merek hotel Anda dan komunikasikan pesan selanjutnya di setiap faktor strategi pemasaran Anda.
Strategi Pemasaran Hotel Terbaik untuk Meningkatkan Pemesanan :
1. Mudah dicari Secara Online.
2. Lakukan Remarketing.
3. Pastikan Anda Menargetkan Audiens yang Tepat.
4. Alokasikan Lebih Banyak Anggaran Pemasaran Selama Masa Ramai.
5. Berikan Insentif untuk Membuat Orang Tertarik.
6. Bangun Kemitraan Lokal.
Hotel Independen (Independent Hotel) adalah hotel yang tidak memiliki kerja sama kepemilikan atau pun manajemen dengan hotel lain.
Syarat syarat mendirikan hotel. Persyaratan antara lain :
1. Fotokopi KTP pemohon.
2. Fotokopi persetujuan prinsip.
3. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
4. Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).
5. Fotokopi Izin Gangguan (HO).
6. Fotokopi piagam penggolongan kelas usaha, bagi usaha hotel.
7. Dokumen pengelolaan lingkungan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Jenis-Jenis Hotel berdasarkan Lokasi :
1. City Hotel. City Hotel merupakan jenis hotel yang berada di kawasan pusat perkotaan dan umumnya lebih banyak ditemukan di kota-kota besar.
2. Motel (Motor Hotel).
3. Resort / Sanggraloka Hotel.
4. Residential Hotel.
5. Hotel Bintang Satu.
6. Hotel Bintang Dua.
7. Hotel Bintang Tiga.
8. Hotel Bintang Empat.
Hotel kecil adalah hotel dengan kapasitas 100 kamar atau kurang. Hotel berukuran sedang adalah hotel yang memiliki kapasitas antara 100-300 kamar. Hotel besar adalah hotel yang memiliki kapasitas lebih dari 300 kamar. Mega hotel adalah hotel-hotel dengan lebih dari 1.000 kamar.
Fasilitas Favorit Tamu Hotel :
1. Sarapan gratis.
2. Restoran.
3. Wi-Fi Internet gratis.
4. Parkir.
5. Layanan Front Office 24 jam.
6. Bebas Rokok.
7. Kolam renang.
8. Bar.
Perkiraan gaji karyawan hotel bintang 4, bisa kalian lihat di bawah ini.
Room Attedant : Rp 4.100.000.
Cleaning Service : Rp 3.100.000.
Housekeeping Hotel : Rp 3.100.000.
Banquet Sales Executive : Rp 5.150.000.
Personal Butler : Rp 3.150.000.
Steward Hotel : Rp 4.200.000.
Waiters : Rp 4.150.000.
Security Hotel : Rp 4.200.000.
Waktu check-in dan check-out yang berlaku secara umum adalah pukul 14.00 untuk check-in dan pukul 12.00 untuk check-out. Namun, setiap akomodasi memiliki kebijakan masing-masing dan waktu check-in dan check-out yang mungkin berbeda.
Berapa tips yang pantas untuk hotel ?
Contohnya di Sanggraloka Hotels & Resorts, biasanya tip berkisar antara Rp 20.000 hingga di atas Rp 50.000. Tergantung dari usaha yang dilakukan pegawai hotel serta kepuasan tamu. "Paling 20-an atau 50-an ke atas. Tergantung effort-nya juga ya
Cara Check In Hotel :
1. Datang ke resepsionis. Masuk ke lobi hotel dan temui resepsionis.
2. Tunjukkan kartu identitas. Sebutkan nama Anda dan tunjukkan KTP sebagai kartu identitas diri.
3. Isi formulir. Lakukan pengisian formulir di meja resepsionis sesuai dengan petunjuk yang diberikan.
4. Validasi data.